Sabtu, 09 Januari 2010

5 Tips Meningkatkan Popularitas Blog

Udah lama gak posting lagi ni, akhirnya sekarang bisa juga ngisi blog ini dengan postingan yang baru.. Mudah-mudah postingan ini bisa bermanfaat ia buat teman-teman MetaHarry yang sudah berkunjung kesini.. Amin...

Bagi kita mungkin akan lebih asyik rasanya jika eksistensi blog kita diakui oleh temen-temen blogger yang lain, setiap postingan kita dikomentari, sehingga akan ada komunikasi dua arah atau lebih yang terjadi diblog kita. Tentu hal ini juga akan memberi semangat tersendiri kepada teman-teman untuk terus ngeblog. Agar blog kita diakui atau diketahui oleh blogger yang lain, tentu kita harus memperkenalkan eksistensi blog kita dulu di dunia blogger. Ada banyak sekali cara agar blog kita dikenal oleh blogger lain, mulai dengan beriklan sampai nyepam diblog orang. hehe..

Namun secara umum teman-teman bisa melakukan tips-tips berikut ini :

1. Submit di Search Engine

Mensubmit atau mendaftarkan blog ke search engine adalah hal yang sangat penting sekali jika blog kita ingin dikenal, search engine tidak akan mengindeks blog yang belum disubmit ke search engine tersebut. Untuk dapat diindeks maka blog harus disubmit terlebih dahulu.

Banyak sekali search engine yang dapat digunaka untuk mendaftarkan blog kita, jika kita ingin lebih praktis mendaftarkan blognya disetiap search engine, teman-teman blogger juga dapat menggunakan fasilitas yang diberikan www.mypagerank.net atau www.submitexpress.com untuk mensubmit blog secara otomatis kebeberapa search engine sekaligus.

Beberapa contoh search engine antara lain :

* www.google.com
* www.yahoo.com
* www.bing.com
* www.altavista.com

2. Daftarkan Blog ke Direktori Blog

Mendaftarkan blog ke direktori blog adalah hal yang sangat penting jika blog kita ingin dikenal, beberapa direktori blog bahkan ada yang digunakan sebagai social bookmark dan social networking yang digunakan oleh semua orang untuk saling berinteraksi dengan orang lain. Ini tentu sangat berguna sekali untuk mempromosikan blog kita.

Daftar direktori blog yang layak untuk didaftari:

* www.blogcatalog.com
* www.blogexplosion.com/
* www.blogindonesia.com
* www.technorati.com
* www.entrecard.com

3. Memanfaatkan Situs Social Bookmarking

Situs Social bookmarking memberikan layanan social bookmarking kepada anggotanya, seperti halnya kita mem-bookmark situs-situs favorit pada browser teman-teman. Perbedaannya pada situs social bookmarking kita dapat saling sharing informasi situs yang kita bookmark dengan member lain.

Oleh karena itu kita dapat mensharing informasi tentang blog kita dengan cara membookmarknya di situs social bookmarking.

Daftar situs social bookmarking:

* www.del.icio.us
* www.digg.com
* www.stumbleupon.com
* www.technorati.com
* www.furl.com
* www.lintasberita.com

4. Promosikan melalui Signature Email atau Forum

Cara ini sama halnya dengan membubuhkan tanda tangan pada surat, namun dalam hal ini kita membubuhkan tanda tangan/ signature pada email atau postingan forum yang kita ikuti.

Cara ini tentu sangat efektif sekali untuk mengenalkan blog kita kepada blogger lain.

5. Blogwalking dan Tebar Komentar

Blogwalking atau jalan-jalan ke blog teman sama halnya seperti kita silaturahmi ke rumah teman, dengan seperti ini sama artinya kita saling menguatkan hubungan pertemanan kita dengan blog yang kita kunjungi. Ditambah dengan memberikan komentar yang menarik, sopan dan santun, itu sama artinya sobat telah mempromosikan diri dan blog sobat. Ada aturan tidak tertulis ketika sobat berkunjung dan memberikan komentar di 5 blog misalkan, maka ada kemungkinan ke 5 pemilik blog itu akan berkunjung balik, ditambah lagi pengujung-pengunjung lain yang tertarik dengan kometar sobat.

Ketika sobat blogwalking & berkomentar di blog yang sobat kunjungi, sebenarnya sobat sedang membuat refferal menuju blog sobat, maka jadikanlah blogwalking sebagai media kita untuk mengundang orang lain berkunjung ke blog kita.

metaharry-1426.blogspot.co

0 komentar:

Birunya Sebuah Hati © 2008 Por *Templates para Você*